Rabu, 03 November 2010

Kabupaten Raja Ampat

Merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Papua Barat. Pusat dari kabupaten ini bernama Waisai. Kabupaten Raja Ampat ini memiliki 4 pulau besar yaitu Salawati, Waigeo, Misool, Batanta, dan ada kurang lebih ada 606 pulau kecil lain. Dari 610 pulau di Kabupaten Raja Ampat, hanya 35 pulau saja yang dihuni, yang lainnya merupakan pulau kosong dan tak bernama.
Penduduk yang ingin melakukan perjalanan atau aktivitas antar-pulau hanya bisa menggunakan alat transportasi laut karena memang hanya angkutan lautlah yang ada, praktis, cepat, dan dapat menjangkau semua pulau di kabupaten ini. Untuk naik angkutan laut di sini biayanya tidak murah.
Walaupun Raja Ampat termasuk kabupaten yang tidak terlalu modern tapi aktivitas pariwisata di sini sangat ramai. Kabupaten Raja Ampat lebih menonjolkan sisi pariwisata alamnya untuk "dijual". Di sini kita bisa menemui banyak pantai dan laut yang sangat indah bahkan ditambah dengan kondisi bawah laut yang sangat menarik bagi para wisatawan. Wisatawan yang datang ke Raja Ampat didominasi oleh wisatawan asing. Mereka sangat suka menyelam (diving) dan menikmati keindahan bawah laut yang disajikan di sana. Raja Ampat memiliki flora dan fauna yang sangat lengkap, ada sekitar 537 jenis karang, lebih dari 1000 jenis ikan karang, dan sekitar 700 jenis moluska di sini. Sedangkan wisatawan dalam negeri sendiri sangat sedikit karena mungkin banyak yang belum tau atau biaya yang cukup mahal untuk ke sana.
Tapi yang terpenting, kini perekonomian Raja Ampat terus berkembang dengan adanya wisatawan yang penasaran dengan keindahan laut Raja Ampat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar