Selasa, 09 November 2010

Diskriminasi Gender

Banyak diskriminasi gender yang terjadi di sekitar kita, baik kita sadari ataupun tidak. Diskriminasi gender bisa terjadi di manapun dan kapanpun. Sampai sekarang, diskriminasi gender terus berlangsung baik kepada perempuan maupun laki-laki.

Kenapa laki-laki juga ? Pasti kalian masih heran kenapa laki-laki juga bisa mengalami yang namanya diskriminasi gender dan apa saja contohnya....

Kalau menurut pendapatku, diskriminasi gender yang terjadi saat ini bukan lagi diskriminasi yang sifatnya seperti zaman dulu, tetapi lebih ke cara pandang seseorang. Misalnya aja di sekolah, pelajaran olahraga lari, jarak lari antara cowok dan cewek pasti beda. Padahal kalau dari sudut pandangku, hal seperti itu merupakan contoh kecil dari diskriminasi karena itu sama aja memandang lemah cewek, para cewek dianggap ga kuat untuk lari sejauh cowok. Contoh lain lagi, kalau ada masalah ataupun kejadian yang menyangkut fisik, biasanya para cewek ditaruh "digaris belakang". Dan masih banyak contoh lain tentang diskriminasi gender terhadap cewek. Harusnya para cewek protes terhadap hal ini karena walaupun sekecil apapun ini tetap aja diskriminasi gender. Perempuan masih dipandang sebagai nomor dua setelah cowok.

Kalau diskriminasi terhadap cowok mungkin belum banyak yang tau. Tapi kalau dipikir-pikir lagi sebenarnya ada lhoo....
Contohnya dari pengalamku aja deh biar gampang.....
Aku pas itu dikasih nasehat sama ortu, inti nasehatnya gini : cowok itu harus berbuat baik sama cewek dan mengalah sama cewek.
Kalau si cewek juga baik sih oke oke aja aku harus buat baik juga sama dia, tapi kalau ceweknya sampai mukulin cowok, apa harus mengalah ? Kalau becanda kan ada batasnya ga sampe mukul atau kasar juga sama cowok dong, bukan berarti cowok karena dipandang lebih kuat terus seenaknya bisa berbuat apa aja sama cowok kan ?
Terus kalau lagi jalan-jalan, aku suka lihat cowok buka-in pintu mobil atau bawain belanjaan ceweknya. Kalau dilihat-lihat lagi, sebenernya cowok itu pacarnya atau babunya ? Kok lebih mirip babu yaa ? Bukannya ga gentle ya tapi kan Tuhan YME udah kasih sepasang tangan juga sama para cewek yang berfungsi sama dengan tangan cowok tapi kenapa kaya gitu aja harus dikerjakan orang lain ? Kesannya manja banget...*jijik

Terus kalau cowok yang ngeluh pasti dianggap pengecut lah apa lah dan dibilang, "Banci luh !".
Kalau cewek yang ngeluh biasanya ditanggapin ramah sama orang-orang. *Males banget.....

Point dari semua tulisan yang di atas adalah Tuhan menciptakan manusia, baik laki-laki dan perempuan, sama baiknya di mata Tuhan. Tinggal tergantung kondisi dan situasi dari individu itu sendiri.
Kalau si cowok sakit-sakitan ya ceweknya yang lindungi si cowok, begitu pula sebaliknya. Pokoknya cowok dan cewek di mataku sama aja. Harus saling menghargai, melindungi, dan menjaga satu sama lain tanpa melihat status gender. 

Sorry kalau ada pemikiranku yang menyakitkan hati pembaca. I'm really sorry. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar