Selasa, 16 November 2010

Boneka Okiku

Hey hey.....pernah dengar ga tentang boneka Okiku ? Boneka cewek dari Jepang yang mempunyai cerita seram. Nama Okiku ini diambil dari seorang anak yang sedang bermain dengan boneka dengan ukuran tinggi 40 cm, berpakaian kimono khas Jepang dengan mata hitam seperti manik-manik dan rambut hitam yang lebat. Boneka Okiku telah ada di Kuil Mannenji yang terletak di kota Iwamizawa Prefektur Hokkaido sejak tahun 1938. 
Awalnya boneka ini dibeli pada tahun 1918 oleh seorang pemuda bernama Eikichi Suzuki di Sapporo. Di sana ia melihat sebuah boneka cantik dengan Kimono. Boneka ini dibeli Eikichi untuk adiknya yang berumur 2 tahun yang bernama Okiku. Adiknya ini sangat senang dengan boneka ini dan bermain dengan boneka  setiap hari.
Tapi sayangnya, Okiku meninggal tak lama setelah itu karena demam. Kemudian pada saat pemakamannya, keluarga ingin memasukkan boneka ke dalam peti matinya tapi entah mengapa mereka lupa. Keluarga gadis tersebut kemudian menempatkan boneka itu di altar rumah dan berdoa untuknya setiap hari dalam rangka memperingati Okiku.
Beberapa waktu kemudian, mereka melihat rambut mulai tumbuh dari boneka tersebut. Menurut kabar, itu merupakan roh dari gadis itu yang berlindung di dalam boneka itu. Seorang peneliti dari Jepang mengungkapkan bahwa dari hasil uji forensik rambut yang ditumbuhkan boneka ini sama persis dengan rambut pada anak usia 10 tahun.
Tahun 1938 keluarga Suzuki (keluarga anak itu) pindah ke Shakalin. Dan boneka Okiku akhirnya dititipkan di Kuil Mannenji di Hokkaido. Menurut pendeta di kuil itu, boneka tradisional jepang selalu berambut pendek, dia juga membenarkan kalau rambut boneka okiku terus memanjang, walaupun dipotong terus secara berkala, tapi rambutnya tumbuh terus.Seiring berjalannya waktu, rambutnya terus bertambah panjang sekitar 25 sentimeter, hingga ke lutut boneka. Meskipun rambut boneka ini dipotong secara berkala, namun menurut cerita rambut tersebut tumbuh lagi. Mungkin arwah gadis cilik itu bersembunyi di boneka itu untuk menghindar dari iblis pemakan roh. Dan sekarang terjebak di boneka itu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar