Selasa, 04 Januari 2011

Tips Interview

Bercermin dari pengalaman yang baru saja aku dapatkan, aku mau kasih kalian tips buat menghadapi interview. Walaupun aku sendiri merasa kurang baik saat menghadapi interview itu, tapi aku harap kalian bisa lebih baik setelah membaca tips ini. :)
Sebelum menghadapi interview pasti ada rasa takut dan nervous. Apalagi kalau ini pengalaman pertama. 
Tapi tenang aja, sebenarnya ini ga sesusah yang kamu bayangkan, tapi bukan berarti kamu bisa menyepelekannya. Kamu tetap harus mempersiapkannya dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal. 
Sebelum kamu memasuki ruang interview, ada baiknya kamu merapikan penampilanmu dulu. Baru setelah itu kamu mengetuk pintu dengan sopan dan masuk. Kamu juga boleh bersalaman dan mengucapakan salam, sesuai keadaan, karena terkadang ada yang disuruh langsung duduk dan dijejali dengan pertanyaan. 

Mungkin kamu merasakan seperti duduk di "kursi panas". Seringnya kalau interview itu pakai cara 'empat mata', jadi kamu duduk berhadapan dengan orang yang akan mengetes kamu. Baru setelah itu kamu diberikan beberapa pertanyaan dasar, seperti biodata, motivasi, dll. Setelah itu ada pertanyaan kemampuan (skill), di sini kamu harus menjelaskan kemampuan/prestasi/kegiatan apa aja yang pernah kamu ikuti/kamu miliki. Dari situ akan diajukan beberapa pertanyaan pemancing, biasanya pertanyaan tipe ini berbeda antara peserta yang satu dengan yang lainnya, tergantung dari jawaban kamu sebelumnya. 
Dan ada pertanyaan tentang kesanggupanmu kalau diterima. 
Pokoknya, kita harus tenang dan konsentrasi. Jangan menyebutkan kelemahanmu dan menunjukan perilaku yang kurang baik/kurang sopan. Jangan terlalu lama berpikirnya, jawaban harus padat dan berisi. Perhatikan juga intonasi. Pandangan mata, cara pengucapan, dan struktur jawaban sangat penting. Mata harus menatap orang yang memberi pertanyaan dan ditambah senyum yang meyakinkan orang lain. Pengucapan jawaban jangan terbata-bata dan terkesan ragu. Jawaban yang keluar dari mulut kamu juga harus sudah tertata dengan rapi (terstruktur), jadi ga ngalor-ngidul ga karuan. Kamu harus punya keyakinan yang kuat dan kepercayaan diri untuk menghadapi tes interview.
Kalau sudah selesai, kamu boleh salaman lagi (ex:selamat siang dan terima kasih). Baru keluar dan menutup pintu. 
Kadang kalau sudah keluar dari ruang tes interview kita baru menyadari ada beberapa jawaban kita yang kurang memuaskan dan harus diperbaiki lagi. Tapi it's ok guys, semua orang pasti tetap menghargai kerja keras kita. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar