Rabu, 08 September 2010

Tertukar


Saia lagi bingung...kok ada ya dua orang yang kehidupannya tertukar. Sebut aja si A dan si B. Si A ini punya keluhan yang lumayan aneh, dia terlalu diperhatikan dan dimanja oleh ortu-nya.
Si A                     :”Waaaahhh...apaan !! Salah noh, yang bener dikekang !”
Kalau pulang sekolah harus langsung pulang, g boleh keluyuran dulu. HaPe dipriksa-in rutin kaya imunisasi aja. Parahnya kalau si A lagi jalan2 bareng temen-temennya sampai lewatin jam bebas yang diatur dari ortunya plus hapenya g diangkat klo di telp si ortu. Uhhh....g brani bayangin jadinya gimana...horror bgt...sampe2 ribuan polisi dikerahkan, PBB juga ditanyain, sekaliyan Obama ditelpon... (lebay mode=on)
Bapake                 :”Halo Mister, anake nyong ilang mboh maring endi. Mbok tulung luruhna...”
The Pres              :”?@!$%*!?”
Padahal nih ya, si A lagi menikmati kebebasannya sbg remaja, jalan bareng sama temen2nya, curhat, dsb. Tapi entah mengapa si over protective ortu seperti g pernah muda aja (Play : BCL-Pernah Muda). Padahal, yang namanya anak apalagi remaja itu butuh belajar untuk mengenal dan menemukan jati dirinya sendiri. Belajarnya dari melihat, mendengar, merasakan, dan pengalaman. Sebaiknya si ortu menjaga si anak bukan dgn cara dikurung dalam rumah dan g boleh bersosialisasi gt. Tapi memberikan nasihat2 bagaimana pergaulan yg baik dan menuntunnya dgn kasih sayang agar si anak tumbuh menjadi dewasa yg baik sekaligus tidak kehilangan masa mudanya. Kepercayaan dr ortu sangat penting. Si anak pun juga harus bisa membedakan mana yang baik dan tidak baik, mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Menjaga kepercayaan dari ortu juga hal yang sangat penting. Jangan sampai kita kehilangan kepercayaan itu.
Nah, si B bertolak belakang dgn si A. Ia dibebaskan oleh ortunya. Mungkin juga si B merasa tidak diperhatikan oleh ortunya. Kalau si B main sampai agak malam (mainnya dr siang) ortu-nya g cariin. Jarang ditanya “Sudah makan belum?” dsb. sama ortunya. Akhirnya, si B menjadi anak yg kesepian dan tidak peduli kpd orang lain sama seperti ortunya. Parahnya lagi, kalau si B menjadi sudah tua nanti. Bisa aja dia balik g peduli sama ortunya yang sudah kakek-nenek dan juga ke anaknya. Kalau gini sih sebaiknya si B cari kesibukan lain aja biar g merasa kesepian. Dan harusnya si ortu lebih menghargai keberadaan si anak. Beri perhatian kpd si anak walaupun sedang banyak pekerjaan (dibaca : sibuk) agar si anak menemukan kehidupan berkeluarga.
Si B         :”Bapake Mboke..aku mau gantung diri wae di pohon cabe...huhuhu :’( “

I have a good idea ! Kalian tukar posisi aja.... ;)

1 komentar: