Selasa, 26 Oktober 2010

Pemalang

Pemalang......my lovely city.....hahaha.....saia mau kasih sedikit informasi mengenai Kabupaten Pemalang biar orang-orang pada tau apa sih Pemalang itu....because paling bete kalau lagi pergi keluar kota terus terjadi pembicaraan yang mengubah nafsu makan jadi nafsu bunuh orang *sereeeem
Inilah cuplikan pembicaraan yang sering terjadi antara diriku dan orang yang kurang gaul... 
LoLa  :"Dari mana asalnya dik ?"
Diriku :"Dari Pemalang."
LoLa  :"Wah, kotanya kan adem ya, sejuk, apelnya enak-enak, blah blah blah...." 
Diriku :"..........." (bengong kaya orang bloon) 
LoLa  :"Blah blah blah....." (masih tetep ngoceh !!) 
Telinga diriku mulai puanas tapi tetep sabar buat jaga image.....
Diriku :"Om tante bapak ibu kakek nenek kakak adik tercinta, saia dari P-E-M-A-L-A-N-G. You know ?"
LoLa  :"Noooooo...... (ekspresi BiMoLi = bibir monyooong lima senti). Jadi P-E-M-A-L-A-N-G sama Malang  beda yaa ?" (ciaaaattttt.......baru sadar dia) 
Diriku :"Ya iyalah....beda buanget gitu"
LoLa  :"Ohhh...." (nyesel ngomong puanjang luebar tuapi ga nyambung....) 
Diriku dgn antusias mengenalkan Kabupaten Pemalang kepada si LoLa ini......begini nih diriku yang mendadak menjadi seorang guru.... 
"Pemalang ada sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang sudah ada sejak 1575. Pemalang berbatasan dengan Pekalongan di sebelah timur, Tegal disebelah barat, Purbalingga di selatan, dan Laut Jawa di utara. Luas Kabupaten Pemalang adalah 111.530 km². Hari jadi Kabupaten Pemalang jatuh pada tanggal 24 Januari. Kabupaten ini meliputi 14 kecamatan dan 222 kelurahan/desa. Letak astronomisnya antara 109°17'30" - 109°40'30" BT dan 8°52'30" - 7°20'11" LS. Jaraknya 135 km dari Semarang, bisa memakan waktu 3-4 jam bila ditempuh lewat jalur darat. Kabupaten Pemalang memiliki topografi bervariasi. Bagian Utara Kabupaten Pemalang merupakan daerah pantai dengan ketinggian berkisar antara 1 - 5 meter di atas permukaan laut. Bagian tengah merupakan dataran rendah yang subur dengan ketinggian 6 - 15 m di atas permukaan laut dan bagian Selatan merupakan dataran tinggi dan pengunungan yang subur serta berhawa sejuk dengan ketinggian 16 - 925 m di atas permukaan laut. Wilayah Kabupaten Pemalang ini dilintasi dua buah sungai besar yaitu Sungai Waluh dan Sungai Comal yang menjadikan sebagian besar wilayahnya merupakan daerah aliran sungai yang subur.
Makanan khas dari Pemalang antara lain Nasi Grombyang, Lontong dekem, sate loso, tauto,kamir, apem comal. Tempat wisata yang menarik di Pemalang antara lain dataran tinggi Moga, Pantai Widuri, Cempaka Wulung, Pantai Blendung. Masyarakat Pemalang pada umumnya berlogat Tegal ataupun Pekalongan. Dan jangan lupa motto Kabupaten Pemalang adalah Indah, Komunikatif, Hijau, Lancar, Aman, Sehat. (IKHLAS)"  
Diriku :"Jelas ?"
LoLa  :"Ooooo.....aku baru ingat, itu kota yang kemarin-kemarin ada kecelakaan kereta api ya ?" 
Diriku :"Huaaaaa.....!!!!! Kenapa moment yang diingat yang itu ?!! Memalukan !" 
LoLa  :"Oh iya...iya..." 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar