Sabtu, 30 Oktober 2010

Halloween

Adalah sebuah tradisi yang berasal dari Irlandia. Beberapa orang Irlandia bermigrasi ke Amerika bagian utara dan mengenalkan Halloween sehingga kini di Amerika tradisi Halloween juga dirayakan walaupun sedikit bergeser fungsi. Di Irlandia, Halloween lebih mistis karena bangsa Gael (bangsa di Irlandia) percaya bahwa pada setiap tanggal 31 Oktober, pembatas dunia orang mati dan dunia orang hidup menjadi terbuka. Orang mati
membahayakan orang hidup dengan membawa penyakit dan merusak hasil panen. Sedangkan di Amerika dan negara-negara lain yang merayakannya, perayaan Halloween lebih ke arah acara bersenang-senang dan pesta kostum. Biasanya anak-anak memakain kostum hantu dan meminta permen dari satu rumah ke rumah lain sambil berkata,"Trick or Treat" yang artinya "beri kami permen atau kami jahili".
Negara-negara yang merayakan Halloween antara lain Irlandia, Kanada, Selandia Baru, Australia, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, Bahama, dan Swedia. Sedangkan di negara-negara Amerika Selatan, Halloween diartikan sebagai Malam Penyihir.
Salah satu yang khas dari perayaan Halloween selain kostum hantu, permen, dan topeng adalah labu yang dibentuk seperti wajah yang menakutkan dan diberi lilin di dalamnya. Biasanya labu ini diletakkan di depan rumah. Labu yang digunakan adalah labu yang berukuran besar. Labu ini lebih dikenal sebagai Jack O'lantern. Perayaan Halloween juga identik dengan warna hitam dan orange.

1 komentar: