Senin, 14 Februari 2011

Valentine Day

Setiap tanggal 14 Februari kita merayakan hari Valentine. Tapi gimana sih sejarahnya sampai tanggal 14 Februari disebut hari kasih sayang ?
Ok marilah kita kupas secara detail keistimewaan hari Valentine yang kedatangannya selalu membuat dunia menjadi serba 'merah muda'.
St. Valentine adalah seorang pendeta terkenal di Romawi. Pada waktu itu, di bawah kepemimpinan Kaisar Claudius II terjadi perang. Dan Romawi kekurangan pemuda untuk dijadikan prajurit karena para pemuda tidak mau meninggalkan orang yang mereka cintai. Akhirnya sang kaisar melarang adanya pernikahan. Tetapi St. Valentine men olak, dan tetap menikahkan beberapa pasangan yang saling jatuh cinta. Sampai akhirnya ia tertangkap bas ah dan dipenjarakan sampai akhir hidupnya.
Ia meninggal pada 14 Februari 269 Masehi, bertepatan dengan hari yang dipilih sebagai pelaksanaan 'undian cinta'. Legenda juga mengatakan bahwa St. Valentine sempat meninggalkan ucapan selamat tinggal kepada putri seorang penjaga penjara yang bersahabat dengannya. Di akhir pesan itu, ia menuliskan : "Dengan cinta dari Valentinemu".
Akhirnya secara bertahap 14 Februari menjadi hari khusus untuk bertukar surat cinta dan St. Valentine menjadi idola para pecinta. Datangnya tanggal itu ditandai dengan pengiriman puisi cinta dan hadiah sederhana, semisal bunga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar